Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Manajemen Talenta Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) - Pertemuan 3

Manajemen Talenta Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) - Pertemuan 3

Manajemen Talenta Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) - Pertemuan 3


"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut  semeru dari akarnya. Beri aku10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" -Ir.Soekarno
"Take my 20 best people and virtually overnight, Microsoft becomes a mediocre company" -Bill Gates

Manajemen Talenta

• Proses manajemen Sumber Daya Manusia dalam mengelola karyawan potensial kunci (Key Talent) yang memegang peran kunci (Key Potition) bagi keberhasilan organisasi untuk menjamin kinerja dan kesinambungan organisasi di masa yang akan datang.
• Serangkaian inisiatif perusahaan teringrasi yang mencakup proses analisis, pengembangkan, dan pemanfaatan sumber daya manusia bertalenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan keunggulan kompetitifnya.
• Talent management is the use of an integrated set of activities to ensure that the organization attracts, retains, motivates and develops the talented people it needs now and in the future

Karyawan Bertalenta

• "Adalah karyawan kunci yang memiliki pemikiran strategik yang tajam, kemampuan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, kemampuan menarik dan memberikan inspirasi kepada orang-orang, memiliki
insting kewirausahaan, keterampilan fungsional, dan kemampuan menciptakan hasil-hasil” (Ed Michaels, Helen Handfields-Jones, dan Beth Axelrod)

Sejarah Manajemen Talenta

• Dilontarkan pertama kali oleh Steven Hankin dari McKinsey & Company (penelitian di Amerika tahun 1997, diterbitkan di Harvard Business Review, 2001).
• Memprediksi dua dekade ke depan banyak perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan orang-orang terbaiknya akibat meningkatnya kompetisi antar perusahaan serta terbatasnya ketersediaan calon karyawan.
• Fenomena War for Talent: kesadaran bahwa talent/orang-orang potensial adalah kunci strategis dari keberhasilan organisasi yang hrs dikembangkan dan dijaga sebagai harta penting organisasi.
• Perubahan paradigma dalam pengelolaan SDM.
  1.  Awal: memandang manusia hanya sebagai salah satu sumber daya (resource) yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi (Human Resource),
  2.  Kemudian: menjadi manusia yang dianggap sebagai harta penting (critical asset) yang jadi kunci keberhasilan organisasi (Human Capital) ----> Talent Mindset

9 Elemen Manajemen Talenta

1. Resourcing Strategy (identifying talent within the organization and developing and promoting it)
2. Attraction and retention policies and programmes
3. Talent audit (identifies those with potential and provides the basis for career planningand development)
4. Role development (roles provide the responsibility, challenge andautonomy required to create role engagement and motivation. It also involves taking steps to ensure that people have the opportunity and are given the encouragement tolearn and develop in their roles
5. Talent relationship management (the process of building effective  relationships with people in their roles).
6. Performance management (provide a means of building relationships with people, identifying talent and potential, planning learning and development activities and making the most of the talent possessed by the organization)
7. Total reward
8. Learning and development
9. Career management

3 Proses Utama Manajemen Talenta

• Attracting Talent : mencari dan menarik karyawan terbaik yang memiliki potensi, kompetensi, dan komitmen untuk bekerja pada perusahaan
• Developing Talent: mengembangkan karyawan terbaik, baik yang baru bergabung maupun yang sudah ada di perusahaan
• Retaining Talent: memelihara dan mempertahankan karyawan terbaik yang sudah ada di perusahaan

Manfaat bagi Perusahaan

• Meningkatkan kepuasan pelanggan
• Meningkatkan penerimaan dan profitabilitas
• Meningkatkan efisiensi biaya melalui reduksi pemborosan terus-menerus
• Meningkatkan kualitas, produktivitas dan kapabilitas
• Menurunkan waktu siklus (cycle time)
• Mengaitkan usaha-usaha individual dengan sasaran bisnis
• Meningkatkan komitmen karyawan bernilai tinggi
•Menurunkan tingkat keluar-masuk karyawan (employees turnover ratio)
• Memadankan pekerjaan dan keterampilan karyawan
• Mengidentifikasi dan menangani: pengembangan karir pegawai, keanekaragaman

Manfaat bagi karyawan

• Meningkatkan motivasi dan komitmen;
• Mengembangkan dan mengkomunikasikan jalur karir.
• Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
• Meningkatkan kepuasan kerja.

Strategi Pelaksanaan Manajemen Talenta

• Keterlibatan pemimpin
• Audit posisi kunci dan kompetensi yang dibutuhkan
• Petakan kebutuhan masa depan
• Bantuan teknologi. Otomatisasi untuk meningkatkan proses dan alur kerja.
• Pengukuran yang sesuai dan relevan di tempat kerja untuk mengukur keberhasilan

Roadmap Manajemen Talenta

Manajemen Talenta Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) - Pertemuan 3



Nilai Penting Manajemen Talenta

1. Memberikan nilai strategis kompetitif dan keunggulan perusahaan melalui ketersediaan karyawan potenial kunci pada posisi-posisi kunci yang mendukung kompetensi inti dari perusahaan. Termasuk didalamnya menjamin kaderisasi pemimpin (succession plan).
2. Meningkatkan kinerja perusahaan. Semua program kerja SDM diarahkan agar talent yang dimiliki dapat memperlihatkan kinerja yang tinggi dan mendongkrak kinerja perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar