Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Kelebihan dan Kekurangan On the Job Training dan Off the Job Training

Kelebihan dan Kekurangan On the Job Training dan Off the Job Training

 ON THE JOB TRINING METHOD

1. Magang
Bagian dari sistem pelatihan kerja yang dilakukan seara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara lagsung dibawa pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi.
·         Kelebihan
  • Mengembangkan keahlian perorangan sehingga para karyawan dapat mempelajari segala aspek dari pekerjaannya.
  • Mendapat pengalaman mengenai cara berinteraksi di lingkungan kerja.
  • Memperluas koneksi terutama dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang baru di bidang itu sendiri.
·         Kekurangan
  • Apabila para karyawan magang tersebut tidak memiliki komitmen yang tinggi, belom menguasai bisangnya masing – masing maka tidak menjamin terjadinya efektivitas organisasi apabila tidak meiliki komitmen yang tinggi dan tidak disiplin.
  • Tertinggal pelajaran yang di sekolah dan banyak tugas setelah selesai magang. Karna kebanyakan karyawan  magang adalah siswa semester 3.
  • Membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang cukup mahal pula.

2. Job Instruction Training
Memberikan petunjuk-petunjuk pekerjaan secara langsung pada pekerjaan dan terutama digunakan untuk melatih para karyawan tentang cara-cara pelaksanaan pekerjaan sekarang.
·         Kelebihan
  • Pelatih telah mendapatkan keahlian tentang cara memilih sehigga pelatihan dapat dilakukan dengan lebih maksimal
  • Pelatihannya sangat realitas yang mendorong pembelajaran psecara personal.
  • Dapat memotivasi pekerjaan dengan lebih mudah dan fokus.
·         Kekurangan
  • Adanya tambahan biaya untuk pelatihan.
  • Membutuhkan waktu yang banyak.
3. Job Rotation
Job Rotaion adalah pergantian periodik seorang karyawan dari satu tugas ke tugas lain. Hal ini merupakan alternatif bagi karyawan yang mengalami kebosanan atas kerja mereka. Hal tersebut diperlukan apabila karyawan menganggap pekerjaanya tidak menantang, maka karyawan tersebut perlu di rotasi ke pekerjaan lain pada tingkat yang sama yang mempunyai persyaratan keterampilan yang serupa.

·         Kelebihan
  • Mempertahankan minat karyawan yang cemerlang dan energik, serta membuat pekerjaan yang lebih menarik. Terkadang melakukan pekerjaan yang menonton dalam periode yang lama bagi karyawan yag sudah ahli dalam bidangnya biasanya akan timbul kejenuhan.
  • Perusahaan dapat menawarkan peluang baru dalam satu departemen lain yang memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Perlu diingat bahwa karyawan akan meminggalkan perusahaan suatu waktu. Akan lebih baik jika perusahaan mempertahakan di suatu tempat dalam perusahaan tersebut daripada kehilangan karyawan.
  • Meningkatkan kepuasan karyawan terhadap posisinya sekarang, karena merasa ada sesuatu yang baru dan menantang untuk di kerjakan.
  • Memberikan kontribusi yang menjadikan perusahaan tersebut sebagai tempat kerja yang menyenangkan dalam waktu jangka panjang.
  • Sebagai bentuk pengembangan potensi karyawan yang efektif. Hal ini merupakan strategi perusahaan untuk mengetahui potensi setiap karyawan, sehingga perusahaan dapat menempatkan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
·         Kekurangan
  • Rotasi pekerjaan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah keamanan. Saat seseorang berpindah dari satu departemen ke departemen lainnya, dia akan membawa banyak password. Akan menjadi masalah apabila beberapa orang memakai satu system user yang sama.
  • Apabila ada beberapa karyawan yang dirotasilambat dalam memahami dan kemampuan dalam melakukan pekerjaan barunya maka yang terjadi adalah kinerja perusahaan akan menurun. Pekerjaan yang biasanya dapat diselesaikan dalam waktu sehari bisa jadi berhari-hari katena belum ada kepahaman dari karyawan tersebut.
4. Coaching
Mengajar, membimbing, dam memberikan intruksi kepada seseorang agar memperoleh keterampilan dalam melakukan sesuatu untuk mencapai sasaran yang telah dikehendaki. Menurut jenisnys coaching dibagi dua jenis.
a.    Authoriative : lebih menunjukan otoritas, dimana memandang tingkat posisi seseorang yang lebih tinggi dari bawahan atau lawan bicaranya.

·    Kelebihan
  • Memberikan arahan dnegan cepat kepad asasaran yang dituju.
  • Memnerikan kejelasan kewenangan.
  • Memperlihatkan dengan jelas garis perintah.
  • Tidak memberikan peluang tentang perasaan dan hubungan pribadi.
·      Kekurangan
  • Tidak memberikan peluang adanya sentuhan humanis.
  • Jika atasan tidak kompeten akan memberikan pengarahan yang salah.

b. Facilitative : lebih menunjukan hubungan sosial.

·      Kelebihan
  • Memberikan arahan secara humanis.
  • Memberikan bantuan terhadap permasalahan  secara interpersonal.
  • Memperlihatkan dengan jelas kepedulian antar sesama.
·      Kekurangan
  • Jika dilakukan pada keadaan yang tepat dapat mengakibatkan hubungan secara pribadi.
  • Jika atasan tidak kompeten akan memberikan pengarahan yang salah.

OFF THE JOB TRAINING METHOD

Simulated Training
Pelatihan yang menciptakan kondisi belajar yang sangat sesuai atau mirip dengan kondisi pekerjaan, pelatihan ini digunakan untuk belajar secara teknikal dan motor skill.

·         Kelebihan
  • Memungkinkan peserta pelatihan untuk melakukan aktivitas yang beresiko inggi dalam lingkungan yang aman tanpa implikasi berbahaya.
  • Dapat meningkatkan ketrampilan peserta pelatihan dan membiarkan belajar dari kesalahan.
  • Peserta diajarkan untuk berpikir dalam bertindak, mengabil keputusan dan komunikasi yang efektif.
·         Kekurangan
  • Terkadang simulasi tidak selalu sepenuhnya dapat menciptakan kembali pada situasi kehidupan nyata.
  • Dapat memakan waktu dan biaya yang cukup banyak.
  • Tidak adanya konsekuensi yang nyata untuk kesalahan dapat memnyebabkan peserta kurang berkineja. Sehingga menghasilkan hasil yang tidak akurat.

Distance and Interner-based Training
1. Teletraining
Pelatihan di lokasi terpencil yang menggunakan hookups TV.

·         Kelebihan
  • Menghemat biaya
  • Menghemat waktu
  • Peserta dapat berkomunikasi dimana saja
·         Kekurangan
  • Membutuhkan koneksi internet yang bagus.
  • Kurangnya pelatihan dan informasi yang tepat.
  • Membutuhkan kretria yang berkualitas.
2. Videoconferencing
Seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.

·         Kelebihan
  • Meningkatkan produktivitas karena kemampuan
  • Menghemat biaya
  • Menghemat waktu
·         Kekurangan
  • Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki, sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana.
  • Alat-alay videoconferencing sulit didapatkan dan proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.
3. Training via the internet
Pelatihan jarak jauh, khususnya bagi peserta training yang lebih dewasa dan memiliki motivasi kuat untuk mengejar sukses dan senang diberi kepercayaan melakukan proses belajar mandiri.

·         Kelebihan
  • Peserta training dapat berkomunikasi secara mmudah melalui fasilitas internet tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu
  • Peserta training dapat melakukan diskusi melalui internet sehingga menambah wawasan.
  • Perubahan peserta training yang pasif menjadi aktif dan lebih mandiri.
·         Kekurangan
  • Kurangnya interaksi antar peserta training.
  • Kecenderungan mengabaikan aspek soasial dan mendorong tumnyanya aspek bisnis.
    Membutuhkan biaya yang banyak untuk melayani peserta yang mungkin sangat banyak pula.

0 komentar:

Posting Komentar